Tercampak Gak Deg-Degan Saat Mengemudi Mobil di Tanjakan, Ini Caranya

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SGP 2020 – 2021.

VIVA   –  Selain parkir, tanjakan banyak dianggap sebagai sesuatu yang menantang, terutama bagi mereka yang baru mahir mengemudi  mobil. Apalagi, jika pada jalanan tersebut terjadi kemacetan atau antrean.

Dalam perihal normal, mobil bisa saja memiliki risiko tak bisa melibas tanjakan. Terutama saat pengemudinya kurang piawai menguasai kendaraan yang dikemudikannya itu.

Bayangkan jika di rute yang sama, terjadi antrean karena adanya kepadatan lalu lintas ataupun penyebab lain. Bisa-bisa pengemudinya  deg-degan atau bahkan keringat dingin, hanya karena khawatir kendaraannya tak bisa menanjak.

Untuk mengatasi masalah itu, pabrikan otomotif sebenarnya sudah menyematkan teknologi bernama hill start assist & sejenisnya. Dengan demikian, mobil mampu tertahan sekian detik sebelum melaju, usai berhenti di jalan menanjak.

Fitur tersebut bisa dirasakan oleh pengemudi mobil-mobil cetakan baru dari berbagai merek, terutama yang mengusung transmisi otomatis untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda-rodanya.  

Lantas, bagaimana melibas tanjakan jika mobil masih mengusung teknologi konvensional? Tips otomotif yang dikutip VIVA Otomotif sejak Auto2000, Selasa 1 Desember 2020, ada beberapa cara agar instrumen bisa melibas tanjakan dengan damai.

Pertama, pastikan pengemudi bisa menjaga emosi, fokus, dan tetap tenang walaupun berada di kondisi jalan menanjak yang macet. Tak perlu menginjak pedal gas terlalu dalam cuma karena ketakutan mobil tak kuat melaju.

Pedal gas yang diinjak terlalu dalam, justru berisiko membuat kendaraan hilang kendali. Apalagi, rute tersebut dalam perihal licin akibat keadaan jalan dengan kurang layak atau sisa guyuran hujan.

Berikutnya, tertib sebaik mungkin pengoperasian tuas transmisi. Walaupun mobil diperhitungkan sanggup meninggalkan rintangan, sebaiknya posisi gigi gigi diturunkan untuk memperoleh tambahan gaya yang memadai.

Bila tanjakan terlihat landai dan lama, pengemudi bisa memakai gigi 3, baik untuk mobil transmisi otomatis dan manual. Namun, saat jalur yang dilewati terlihat curam, pindahkan tuas ke posisi gear paling rendah dan biarkan kendaraan maju perlahan.

Pengemudi disarankan untuk memperhitungkan beban mobil, beserta muatan yang dibawa. Pastikan organ tak kehilangan momentum saat pantas menanjak. Hal ini penting untuk mencegah kehilangan tenaga untuk meninggalkan jalanan tersebut.

Baca juga: Suzuki Jimny Laku Lebih dari 300 Unit dalam Sehari.