Ditangkap KPK, Pejabat Ini Punya Koleksi Mobil yang Mengejutkan

VIVA – KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) lagi-lagi menangkap pejabat daerah. Kali ini giliran Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Andi Putra diamankan melalui operasi tangkap tangan atau OTT di Riau, Senin 18 Oktober 2021 malam.

Bupati Kuansing yang terpilih dalam Pilkada 2020 itu ditangkap bersama tujuh orang lainnya atas dugaaan suap perizinan perkebunan. Di luar dari kasus tersebut, yang menarik perhatian adalah harta kekayaan, dan koleksi mobilnya.

Mitsubishi Pajero Sport saat mengikuti Ekspedisi Tol Trans Jawa 2018
Photo :

  • VIVA/Toto Pribadi

Mitsubishi Pajero Sport saat mengikuti Ekspedisi Tol Trans Jawa 2018

Berdasarkan data LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara), Andi Putra terakhir melaporkan pundi-pundinya pada 31 Maret 2021 saat menjabat sebagai anggota DPRD dengan total kekayaan Rp4,010 miliar.

Aset terbesarnya adalah tanah dan bangunan senilai Rp3,150 miliar, dan sebagian disumbang dari koleksi kendaraan pribadinya. Di dalam garasinya mengejutkan, karena hanya ada dua unit mobil, dan satu motor Yamaha tanpa identitas.

Sementara kendaraan roda empatnya yang pertama Honda berjenis jip lansiran 2012 seharga Rp320 juta. Tidak dijelaskan secara detil nama model, atau tipe dari mobil yang masuk kategoi SUV atau Sport Utility Vehicle tersebut.

Berkaca dari banderolnya, diduga mobil tersebut adalah Honda CR-V. Jika diproduksi pada tahun tersebut, SUV dengan konfigurasi lima penumpang itu masih dibekali dua pilhan mesin bensin kapasitas 2.400cc dan 2.000cc.