Canggihnya Mobil Volvo, Punya Setir dengan Bisa Digeser-geser

VIVA   –  Kebanyakan negara Asia, memakai letak kemudi yang ada di sisi kanan. Sementara di Eropa dan Amerika, pengemudi duduk di bagian kanan saat menjalankan tugasnya mengendarai mobil.

Kondisi itu menjadi tantangan bagi produsen otomotif global, ketika membuat sebuah keluaran kendaraan. Sebab, pada satu model mobil harus dirancang dua status kemudi, yakni di kiri & kanan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, produsen mobil Volvo menyiapkan teknologi yang memungkinkan gaya setir mobil bisa di posisikan ke kiri, kanan, atau bahkan diposisikan di tengah. Ini buat menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggannya.

Melansir lantaran Paultan , Jumat 2 Oktober 2020, Volvo diketahui sudahah mengajukan ke Kantor Paten dan Merek Dagang di Amerika Serikat, untuk kendaraan yang memiliki beberapa posisi mengemudi. Setir mobil Volvo itu, disebut akan menjalankan teknologi steer by wire buat pengoperasianya, sehingga fungsinya tak hendak berubah.

Baca pula: Naik Mobil Ini, Gak Berasa Kayak di Mobil China

Dari gambar paten tampak, instrumen cluster dibuat menyatu dengan lingkar kemudi. Artinya, setir berikut panel di belakangnya bisa ikut digeser-geser dengan memanfaatkan rel mungil yang dipasang di dalam dasbor.

Gambar paten setir mobil Volvo yang bisa digeser-geser

Bagaimana dengan pedal gas dan rem di bersantai saat setir berpindah posisi? Tulisan memperlihatkan pabrikan Swedia ini, meronce lubang kecil dengan bantalan penahan untuk posisi pedal kaki pada kabin depan kiri dn kanan. Dengan demikian, saat setir digeser pedal bisa ikut dipindahkan.

Meski sudah mematenkan gaya setir yang bisa diubah, tidak ada kepastian mengenai waktu perwujudannya pada kendaraan yang diproduksi & dijual secara massal. Gambar paten, biasa dibuat agar teknologi otomotif yang diciptakan tidak dimanfaatkan oleh perusahaan lain.