BMW dan Mercedes-Benz Jajaki Ekspor Mobil Canggih Buatan RI

VIVA – Pasar otomotif Indonesia tidak hanya diisi oleh produk buatan merek asal Asia saja, ada juga beberapa pabrikan Jerman yang meramaikan dengan kendaraan andalan mereka.

Contohnya yakni BMW dan Mercedes-Benz, merek yang biasa dikenal dengan produk mewah dan performa tinggi. Keduanya punya beberapa model, yang dirakit di dalam negeri.

Selama ini unit yang dibuat hanya dipasarkan secara lokal saja. Namun, hal itu bisa saja berubah karena keduanya menyatakan tertarik untuk melakukan ekspor. Model kendaraan yang jadi perhatian mereka adalah mobil listrik.

Pernyataan itu diungkapkan langsung oleh kedua pihak, di hadapan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita saat berkunjung ke Jerman.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang berkunjung ke kantor pusat BMW di Jerman.
Photo :

  • Dok: Kemenperin

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang berkunjung ke kantor pusat BMW di Jerman.

“BMW telah menyatakan minatnya untuk membangun ekosistem tersebut di Indonesia. Mercedes-Benz juga bersedia bekerja sama, dan sedang mengeksplorasi peluang ekspor kendaraan ke Australia dan Asia Tenggara,” ujar Menperin melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Sabtu 30 Oktober 2021.

Menperin menjelaskan, Indonesia memiliki program pengembangan kendaraan listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV), yang tertuang di Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 serta Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 27 tahun 2020.