Belum Banyak yang Tahu, Rest Kawasan di Jalan Tol Ada 2 Tipe Berbeda

Promo menarik pada undian Data SGP 2020 – 2021.

VIVA   –Perjalanan antar praja kini bisa memanfaatkan akses tol”> jalan tol, untuk mempersingkat zaman perjalanan. Berbeda dengan ruas di dalam kota, jalur bebas sepeda mesin ke arah luar kota tersebut biasanya memiliki tempat beristirahat ataupun rest area.

Rest area tol, disiapkan oleh pemangku jalan tol agar pengemudi kendaraan penumpang dan niaga bisa beradu sejenak, serta mengisi bahan bakar minyak (BBM) sebelum kembali meneruskan perjalanan menuju lokasi tujuan.

Mungkin belum banyak pengguna mobil yang tahu, bahwa tidak semua rest area tol sungguh kota dilengkapi dengan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Tersedia yang hanya bisa dijadikan wadah rehat sejenak, makan dan menelan, maupun memanfaatkan fasilitas toilet yang tersedia.

Salah kepala contohnya adalah tempat istirahat dalam KM 86A ruas tol C alias Cipali (Cikopo-Palimanan). Sebab, introduksi JustinusWisnu Dewanto selaku Consession Monitoring, Compliance & EHS Astra Pungutan Cipali, lokasi rest area pungutan tersebut masuk dalam tipe B.

Wisnu mengatakan, berdasarkan ketentuan dari Pemerintah, rest zona di area tol dibagi bersandarkan dua tipe, yakni tipe A dan B. Keduanya, memiliki wahana dan pelayanan yang berbeda untuk para pengguna kendaraan dari serta menuju luar kota.

“Rest area ini termasuk tipe B, cirinya itu tidak ada SPBU dan luas areanya tak sebesar. Di sini luasnya sekitar dua hektar dan hanya bisa menampung total kendaraan sebanyak 70 bagian, dari jenis mobil penumpang maupun niaga, ” ujarnya saat ditemui di Rest Area KM86 A, Kamis 26 November 2020.

Perbedaan lainnya, kata dia, di area istirahat tipe B tak akan disediakan bengkel buat kendaraan yang mengalami kondisi gawat. Meski demikian, fasilitas seperti wadah menjual makanan dan minuman, ruang, mesjid, dan supermarket tetap tersedia.

“Jadi untuk terang perbedaan rest area tipe a dan b itu mudah. Kira-kira 1 kilometer sebelum lokasi biasanya ada rambu petunjuk istirahat, kalau ada petunjuk SPBU, maka bisa dipastikan itu tipe a. Berserakan saat pengguna masuk ke dalam, bisa terlihat ruas areanya sah beda, ” paparnya.

Dua tipe rest area pada sisi jalan tol tersebut, ternyata diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 10/PRT/M/2018 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan Pada Jalan Tol.

Baca juga: Kunci Remote Sepeda Motor Hilang, Segera Kerjakan Ini.