Angkat Banget Pas Ban Mobil Berburai, Jenis Dongkrak Ternyata Beragam

Angkat Banget Pas Ban Mobil Berburai, Jenis Dongkrak Ternyata Beragam

Dapatkan promo member baru Pengeluaran HK 2020 – 2021.

VIVA   –  Saat mengemudi mobil, tak jangka mengalami bocor ataupun kempis pada roda, ketika belum mencapai tempat tujuan. Kondisi ini membuat pilot harus menggantinya dengan ban rancangan, atau bahkan menambalnya.

Ketika melakukan pekerjaan tersebut, pemakai kendaraan membutuhkan peralatan bernama car jack, atau mudahnya disebut dongkrak. Fungsinya untuk menaikan dan menahan beban kendaraan, ketika salah mulia ban kempis dan membuat situasi mobil jadi miring.

Saat VIVA Otomotif menilisik laman resmi Daihatsu Indonesia, Jumat 11 Desember 2020, diinformasikan bahwa dongkrak awalnya merupakan satu diantara peralatan untuk mempermudah pekerjaan mekanik ketika melakukan servis, maupun umum dipakai ketika ban bocor.

Perangkat tersebut bahkan juga  disiapkan oleh pabrikan  untuk mempermudah pemakai kendaraan, saat melakukan penggantian ban. Biasanya, alat ini disiapkan mulia set bersama roda cadangan, atau perangkat penambal di mobil-mobil keluaraan baru.

Ada kurang jenis dongkrak yang tersedia pada mobil, maupun sebagai piranti tool kits tambahan. Ini menyesuaikan dengan pola dan beban kendaraan yang membutuhkannya.

Model yang umum ditemui adalah dongkrak Ketupat. Masa tak dipakai, alat ini terlihat seperti batangan besi panjang serta mudah disimpan di kabin. Untuk memakainya, cukup memutar poros ulir searah jarum jam. Semakin tinggi penahan beban, maka akan terlihat jelas bentuk mirip ketupatnya.

Ada juga model dongkrak botol, yang daya menahan bebannya lebih besar, yakni mulai dari 2 ton maka 100 ton pun ada. Memasang perangkat ini membuat pengguna bertambah mudah, meski kendaraan berperawakan bongsor dan berbobot berat.

Dongkrak lain yang tak serupa dikenal masyarakat adalah model Buaya. Ketika dipergunakan, alat untuk menopang kendaraan tersebut memiliki bentuk layaknya mulut buaya yang sedang menganga. Sayangnya, jenis ini hanya berharta mengangkat beban antara 1, 5 ton hingga 20 ton.

Jenis terakhir kerap disebut masyarakat sebagai Botol Buaya. Sesuai namanya, desain dongkrak ini mengkombinasikan dua jenis alat penopang barang bawaan kendaraan, serta roda untuk melecehkan menggesernya. Biasanya, alat ini penuh dipakai untuk kebutuhan bengkel.

Baca juga: Ada Mobil Baru Hyundai Namanya Staria, Bahan Lahir di Cikarang.