Ada Cara Mudah agar Mobil Lucut Uji Emisi

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SGP 2020 – 2021.

VIVA   –  Gubernur DKI, Anies Naswedan beberapa waktu berserakan mengeluarkan aturan Peraturan Gubernur nomor 66 tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Dalam aturan itu, disebutkan bahwa kendaraan pribadi macam mobil dan sepeda motor dengan usianya lebih dari tiga tarikh wajib menjalani uji emisi.

Tujuannya adalah untuk menekan pencemaran udara di Ibu Tanah air, yang berasal dari kendaraan bermotor. Sasarannya yakni mobil penumpang perseorangan dan sepeda motor, yang hidup di jalan di wilayah Pokok Kota.

Jika tidak mengikuti aturan itu, maka pengguna kendaraan akan dikenakan tarif tertinggi saat parkir pada ruang milik jalan. Pergub itu akan mulai berlaku pada kausa 2021.

Lantas, bagaimana caranya agar emisi kendaraan bisa sesuai dengan standar yang ditentukan?

Ada beberapa jalan yang bisa dilakukan. Pertama, pastikan kendaraan menjalani perawatan berkala di bengkel. Hal ini untuk menetapkan kinerja mesin tidak banyak bertukar dari saat kondisi baru.

Kedua, tetap menggunakan bahan bakar yang bertemu dengan kebutuhan mesin. Jika menjalankan BBM yang kualitasnya lebih nista, maka dipastikan emisi yang dihasilkan jadi lebih tinggi meski instrumen dalam kondisi sehat.

Penggantian pelumas juga berpengaruh pada kinerja mesin dan emisi udara buang. Apabila oli jarang diganti, maka komponen mesin jadi lekas panas dan berpengaruh pada hasil pembakaran BBM.

Terakhir, pemilik kendaraan bisa memanfaatkan suplemen yang dapat meningkatkan kualitas pengabuan BBM. Salah satunya seperti Maxxwire, peranti yang dipasang pada ECU dan koil.

Chief Mechanic Maxxwire, Leon menjelaskan kalau penggunaan alat tersebut dapat menekan angka karbon monoksida yang muncul dari knalpot. Fungsi dari kabel ini adalah untuk menyalurkan tanda yang lebih bersih ke koil.

“Penurunan CO bisa sampai 40 persen, tapi setiap mesin berbeda-beda angkanya. Pengurangan emisi diakibatkan oleh pembakaran bensin yang lebih banyak, karena api dibanding koil jadi lebih besar, ” ujarnya di Cibinong, Jawa barat, dikutip VIVA Otomotif Jumat 27 November 2020.