3 Penyebab Speedometer Mobil Mati yang Wajib Diketahui

Selasa, 2 November 2021 – 19:23 WIB

VIVA –  Speedometer dalam sebuah kendaraan menjadi salah satu komponen yang wajib ada. Sebab, speedometer menjadi acuan tingkat kecepatan mobil atau motor yang kita kendarai agar tetap terkendali.

Jenis dari speedometer ada dua yaitu analog dan juga digital. Jika analog sistemnya memanfaatkan roda gigi dan poros roda, speedometer digital memanfaatkan komputasi pulsa magnetik dan pulser.

Dibandingkan speedometer analog, angka yang ditunjukan pada digital lebih tepat. Hanya saja tingkat kerusakan speedometer digital jauh lebih mudah dibandingkan analog. Penyebab speedometer mobil mati pun dibedakan menjadi berikut ini, seperti dilansir dari Suzuki Indonesia.

1. Muncul Masalah di Sistem Kelistrikan Mobil

Cara kerja speedometer tidak terpisahkan dari kelistrikan karena hadirnya listrik inilah yang membuat komponen speedometer dapat bekerja.  Rangkaian kabel pada speedometer yang mengalir listrik dan mengalami masalah bisa menjadi penyebab utamanya.

Kerusakan bisa terjadi karena kabel atau soket yang putus dan aliran listrik pun terhenti. Pemeriksaan bagian kabel yang terhubung dengan speedometer harus dicek pertama kali.

Anda bisa mengecek apakah muncul aliran listrik pada kabel tersebut atau tidak. Jika tidak maka sebaiknya segera ganti dengan kabel yang baru.